Rabu, 02 November 2016

MEMBUAT KERAJINAN TANGAN DARI KAIN FLANEL



A.      Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel

Kerajinan tangan dari kain flanel adalah kerajinan yang terbuat dari kain yang dibuat dari serat wol non tenun. Ada beberapa alasan utama kenapa kain flanel sering dipilih untuk bahan kerajinan tangan adalah karena kain ini memiliki tekstur yang mudah dibentuk serta harganya murah dan pada proses penjahitan tidak perlu dilipat seperti kain yang lain. Kain ini juga mudah didapatkan karena banyak penjual yang menjualnya.

Pada tulisan kali ini kita akan mengulas mengenai aneka kerajinan tangan yang dapat dibuat dari kain flanel. Orang-orang kreatif dapat memanfaatkan barang yang tidak terpakai menjadi karya seni yang menarik dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Kenapa dipilih kain flanel sering dipakai sebagai bahan baku kerajinan? alasan yang mendasar yaitu teksturnya yang mudah dibentuk serta harganya yang terjangkau.

Kain flanel mempunyai tekstur yang mirip dengan kain wol dan sedikit kaku serta tidak memerlukan jahitan pada bagian pinggirnya membuat kain flanel gampang dibuat menjadi aneka macam kerajinan tangan. Dengan mengkombinasikan warna kain flanel yang tepat kita akan memperoleh hasil karya seni yang menarik dan indah.

Beragamnya kerajinan tangan yang dapat dibuat dari bahan ini membuat kebanyakan orang akan bingung sebaiknya membuat kerajinan tangan bentuk yang bagaimana. Nah tidak usah bingung karena pada kesempatan kali ini kami mencoba mengumpulkan berbagai kerajinan tangan dari kain flanel yang mempunyai bentuk yang menarik dan unik untuk kamu.
                                                    
B.      Cara Membuatnya :
1. Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang akan kita gunakan seperti : pola gambar boneka, jarum, kain flanel, kapas untuk isian boneka, lem, gunting serta benang sulam (disini kita memakai benal wool serta jarum besar agar terlihat)


2. Kemudian cetak pola yang akan kamu buat pada kain flanel pakailah pensil warna yang warnanya hampir sama dengan warna kainyang kita pakai.

3. Lalu guntinglah pola yang telah kita buat tadi.

4. Lalu jahit dan buatlah mata, hidung, mulut, dan lain-lain, Perhatikan gambar nomor empat diatas.

5. Kemudian langkah selanjutnya adalah menyatukan bagian depan dan belakang kain flanel yang sudah kita potong. Dengan menggunakan tusuk feston agar rapi hasilnya.

6. Jangan lupa pada saat menjahit buatlah celah sedikit kira-kira 2 cm untuk memasukkan isi boneka atau kapas.

7. Kemudian teruskan menjahit dengan tusuk feston setelah kamu memasukkan kapas kedalam boneka sampai semua sisi terjahit sempurna.

8. Kemudian pasanglah aplikasi seperti hidung, mata, mulut dan hiasan lainnya, Bisa kita rekatkan dengan lem atau dijahit sesuai selera kamu. Boneka telah jadi


C.      Contoh hasil dari kerajinan tangan kain flanel








Berikut yang bisa saya sampaikan dan semoga bermanfaat...
Salam succes!!! ;) :)

SUMBER : http://www.kopi-ireng.com/2016/04/kerajinan-tangan-dari-kain-flanel-yang-menarik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar